Langkah Jitu Menambahkan Font di WordPress

Unsur font bisa menjadi sangat krusial pada tampilan suatu website. Maka dari itu Anda perlu memilih font yang tepat sehingga bisa benar-benar mencerminkan niche website. Namun ada kalanya pilihan font yang tersedia tidak memadai sehingga Anda perlu download custom font.

Custom font dapat diperoleh dari berbagai website di internet.  Font tertentu memang terbukti mampu membuat tampilan tema menjadi semakin menarik perhatian pengunjung. Tentu saja font yang dipilih juga harus memenuhi persyaratan kenyamanan mata para pembaca.

Menanggapi kebutuhan tersebut, WordPress sudah menyediakan fitur untuk penambahan custom font. Cara penambahannya juga tidak rumit sehingga hanya memerlukan sedikit waktu guna mempelajarinya.  Bagi Anda yang tertarik bisa pilih untuk terus simak pembahasan ini hingga selesai.

Tempat untuk Mendownload Font WordPress

Kita akan membahas dengan lebih spesifik darimana Anda bisa download font secara gratis. Salah satu sumber yang menyediakan banyak pilihan font gratis yakni Font Squirrel.

Seluruh font yang tersedia di sana sudah memiliki lisensi komersial sehingga aman untuk dipakai siapapun. Selain itu Anda juga bisa mendownload font dari Google Web Font Service. Tak tanggung-tanggung dalam menyediakan font pilihan maka Anda bisa bebas memilih 135 custom font.

Ada juga sumber yang menyediakan banyak font gratis bernama Edge Web Font.  Kalau Anda menginginkan koleksi font yang sangat melimpah ruah juga dapat pilih Typekit. Hanya saja memang rekor terbanyak dalam penyediaan custom font yakni Fonts.com yang mana menyediakan sampai 150.000 jenis font.

Langkah Jitu Menambahkan Font di WordPress

Konversi Format Font ke Format Website

Anda sudah memilih suatu jenis font yang ingin dipakai dan diterapkan di website.  Cobalah untuk memeriksa di bagian format font apakah sudah sesuai dengan website atau belum.  Apabila formatnya belum sesuai maka Anda dapat menggunakan langkah tertentu untuk menyamakan ke format website.

Pengubahan format ini tidak akan memakan terlalu banyak waktu.  Namun sebelum mengetahui cara untuk mengubah format disarankan Anda perlu memahami perbedaan format yang ada di custom font. Beberapa format font yang banyak beredar:

  • Open Type Fonts

Format yang paling sering dipakai pada suatu font adalah Open Type Fonts. Jenis format ini merupakan produk buatan Microsoft sehingga memiliki kecocokan format dengan sebagian besar website browser.  Apabila custom font yang Anda download memiliki format ini maka bisa langsung segera dipasang ke WordPress.

  • True Type Fonts

Jenis format font selanjutnya yang sering beredar berupa True Type Fonts. Formatnya dibuat oleh kolaborasi antara Microsoft dan Apple di tahun 1980. Format yang satu ini pun sampai sekarang juga masih digunakan pada sistem operasi Apple maupun Microsoft sehingga kompatibel dengan banyak website browser juga.

  • Web Open Font Format

Font WOFF banyak dipakai pada website dan mendapatkan rekomendasi dari W3C. Format yang satu ini juga kompatibel dengan berbagai web browser tidak terkecuali Internet Explorer dengan versi minimal 9.0 atau ke atas.  Kemudian formatnya juga cocok dengan browser Google Chrome versi 4.0 ke atas maupun Firefox versi 3.5.

  • WOFF 2.0

Apabila custom font yang Anda unduh sudah memiliki format WOFF 2.0 maka  harus paham dengan karakternya yang mana tidak kompatible dengan Safari maupun Internet Explorer. Namun format ini mampu beroperasi dengan mulus di Google Chrome versi 36.0 maupun Mozilla Firefox versi 35.0.

  • Embedded Open Type Font

Format yang satu ini lebih mirip pada bentuk compact dengan versi Open Type Fonts. Penggunaannya hanya sebatas ditempelkan ke bagian website sehingga kompatibel dengan mayoritas web browser.

Jika Anda mendapati bahwa format dari custom font yang dipilih tidak kompatibel dengan web browser maka bisa menggunakan konverter tertentu untuk mengkonversi formatnya.  Contoh dari tool tersebut adalah Web Font Generator. Proses menggunakan web font generator sendiri cukup mudah di mana hanya perlu upload font yang ingin dikonversi dan kemudian pilih tombol download.

Hasilnya akan berupa file zip yang sudah langsung tersimpan di komputer Anda.  Proses konversi format ini bisa saja diarahkan ke format WOFF maupun WOFF 2.0. Format tersebut kompatibel dengan hampir seluruh web browser.

Opsi Menambahkan Font lewat Plugin

Terdapat banyak plugin yang bisa dipakai untuk menambahkan font ke WordPress.  Plugin tersebut bersifat gratis dan penambahannya akan otomatis masuk ke bagian website. Beberapa contoh dari plugin ini yakni WP Google Fonts, Typekit Fonts for WordPress.

  • WP Google Fonts

Plugin yang satu ini bisa membantu Anda dalam menambahkan jumlah font di WordPress. Menggunakan plugin ini akan secara otomatis memasukkan kode ke dalam web sehingga tidak perlu lagi dilakukan secara manual. Siapapun yang berminat dapat langsung install dari directory plugin resmi.

  • Typekit Fonts for WordPress

Sebelum menginstal plugin ini maka Anda perlu membuat akun dan mendaftar di Typekit dahulu. Kalau sudah maka baru bisa menginstal puginnya. Plugin juga akan melakukan paste kode secara otomatis ke website.

Cara menambah font sangat mudah. Anda sekarang dapat menambahkan jenis font yang diperlukan tanpa harus repot kopas kode. Kode akan langsung terpasang otomatis pakai plugin khusus.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.